Kamis, 09 Juli 2020

Pemdesa Lahang Tengah Menggelar Kegiatan MD-RKPDes Tahun Anggaran 2021


lahangtengah.desa.id, GAUNG - Pemerintahan Desa Lahang Tengah gelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun 2021 berlangsung di kantor Desa, Rabu (8/7).

RKPDes tersebut dihadiri Kades Arifin Ahmad, BPD, Sekdes, Fasilitator Pemberdayaan Amiruddin, Fasilitator BUM Desa Wahyudi, P3MD Mislan, Kadus, RT RW, serta tokoh masyarakat setempat.

Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ahmad Rifa'i, dalam sambutan sekaligus membuka RKP tersebut, berharap Musdes ini sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya.

“Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa, semoga bisa terealisasi pada tahun 2021," sebut Ahmad saat kata sambutan.

Selanjutnya, Kades Lahang Tengah, Arifin Ahmad, mengatakan Musdes penyampaian RKPDes untuk tahun 2021 ini menampung aspirasi masyarakat disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kades dan perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahun 2021.

"Semoga pembangunan yang tidak terealisasi tahun 2020, dapat terealisasi pada tahun 2021 nanti," kata Arifin

Dalam pertemuan tersebut, Arifin memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah teralisasi tahun 2020 maupun kegiatan tahun berjalan. 

Usai pemaparan pokok-pokok pikiran dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan, serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.

Ditempat yang sama, Fasilitator Pemberdayaan, Amiruddin, mengatakan Musdes ini bertujuan untuk mewujudkan tercapainya pembangunan pada tahun 2021 nanti seperti diusulkan oleh masyarakat yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa.

"RKPDes ini menampung aspirasi masyarakat, sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan Desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi Desa," terang Amirrudin.

Sementara itu, Fasilitator BUM Desa, Wahyudi menghimbau kepada perangkat desa agar betul-betul lakukan pembinaan BUMDesa dengan tujuan memaksimalkan pendapatan asli desa dan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Untuk tercapainya tujuan tersebut, pengurus BUM Desa agar mampu memanfaatkan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif agar BUM Desa bisa berkembang menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera. "BUM Desa harus mampu mendongkrak perekonomian masyarakat," sebut Wahyudi.

Untuk diketahui, adapun usulan pembangunan tahun 2021, Kadus serta RT setempat mengusulkan pembangunan badan jalan, tanggul, sumur bor, pos kambling, jalan penghubung dusun, serta bangunan lainnya yang dianggap prioritas.