Sejarah

Desa Lahang Tengah adalah salah satu desa tertua diantara yang berada dikecamatan Gaung, pada masa itu masih dikenal dengan kenegerian Lahang Tengah dan masih dalam wilayah Kecamatan Gaung Anak Serka.

Pada zaman penjajahan belanda desa Lahang tengah merupakan salahsatu tempat dimana pertempuran bangsa Indonesia melawan penjajah pernah terjadi dalam perjuangan pada masa itu di Parit Tungkap salah satu pejuang di Desa ini gugur tertembak oleh belanda yaitu M. Dinnir.

Setelah Indonesia merdeka kenegerian ini mulai berkembang yang dipimpin oleh seorang Wali Negeri 1 yang bernama M. Taher. Dalam beberapa tahun M. Taher memimpin kenegerian Lahang Tengah urusan pemerintahan selanjutnya diserahkan kepada H. Atuk sebagai Wali Negeri II, selanjutnya beberapa tahun kemudian kepemimpinan H. Atuk diserahkan kepada H. Busrani sebagai Wali Negeri III, selanjutnya dipimpin oleh Ali Basrah sebagai Wali Negeri IV, dari Ali Basrah kemudian diserahkan kepada Rusli Bin Abdul Jalil sebagai Wali Negeri V. 

Beberapa tahun Rusli memimpin Desa Lahang tengah maka pada tanggal 5 Mei 1976 Kenegerian Lahang Tengah berubah menjadi Desa Lahang Tengah yang dipimpin 0leh seorang kepala Desa.

Sejak menjadi Desa Lahang Tengah dengan kepala desanya yang bernama Rusli bin Abdul jalil sebagai kepala Desa Lahang Tengah, seiring dengan waktu, berbagai perubahan-perubahan waktu terjadi, salahsatunya untuk menjadai kepala desa harus dilakukan pemilihan langsung oleh masyarakat desa tersebut demikian pula Desa Lahang Tengah.

Pemilihan kepala desa I secara langsung oleh masyarakat dilaksanakan pada tahun 1962 pada masa itu kembali terpilih Rusli bin Abdul Jalil untuk masa 1 periode. 

Sejak kepala desa dijabat oleh Rusli bin Abdul Jalil, hingga tahun 2004 pemilihan kepala Desa Lahang Tengah terus dilakukan dan Rusli bin Abdul Jalil terus terpilih, kemudian pada tahun 2009 yakni kahir jabatan Rusli bin Abdul Jalil pemilihan kepala desa akan dilakukan kembali dan dikarenakan Rusli bin Abdul Jalil sudah tidak memungkinkan untuk mencalonkan diri untuk menjadi kepala desa maka berakhirlah kepemimpinan Rusli bin Abdul Jalil dan dilakukan pemilihan kepala desa dan akhirnya terpilih Arifin Ahmat sebagai kepala Desa Lahang Tengah. 

Arifin Ahmat dilantik pada tanggal 5 Februari 2010 dengan akhir periode 05 Februari 2016 dan dilanjutkan dengan Pjs Halidi dengan masa jabatan dari 2016 sampai dengan 2017 dan dilanjutkan dengan pemilihan kepala Desa dan terpilih Arifin Ahmat dengan masa jang dilantik pada Desember 2017 dengan akhir masa jabatan 2018.

Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Pelayanan Administrasi

Perangkat Desa Lahang Tengah siap melayani administrasi kependudukan dengan prinsip memudahkan dan cepat.

Transparansi Desa

Infografis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Desa.

Mobile Friendly

Make your slide looks great on all screens, tablets and phones

Copyright © 2017 Desa Lahang Tengah