Jumat, 15 Februari 2019

Masyarakat Lahang Tengah Bangun Masjid Melalui Swadaya

GAUNG - Bahu membahu saling bergotong-royong Warga Desa Lahang Tengah, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membangun Masjid Nurul Ikhsan melalui dana Swadaya masyarakat dan Infaq.

Pembangunan Masjid Nurul Ikhsan yang terletak di Jalan Masjid ini sangat tampak kekompakan masyarakat juga jama'ah mesjid itu sendiri. Kegigihan warga setempat menarik jurnalis Gagasanriau.com untuk menyampaikan upaya masyarakat setempat dalam membangun masjid tersebut kepada Pemerintah Daerah (Pemda), sebab pembangunan tersebut tentu membutuhkan dana yang cukup besar.

"Pembangunan masjid ini bersumber dari dana Swadaya masyarakat dan Infaq yang didapat dari warga sekitar. Diperkirakan progress pembangunanya baru berkisar 60 persen," Ungkap Rino Sekretaris Desa (Sekdes) Lahang Tengah, Sabtu kemarin (1/4/2017).

Dikarenakan anggaran kurang memadai, untuk melanjutkan pembangunannya mencapai 100 persen masyarakat Lahan Tengah berharap bantuan Pemda Inhil untuk memperhatikan Mesjid yang dibangun sedikit demi sedikit mengumpulkan dana sejak tahun 2014 yang lalu.


Cukup lama masyarakat menantikan tempat ibadah yang layak. Meski demikian, semangat para warga tidak pernah pudar untuk melakukan rehabilitasi Mesjid, demi kenyamanan Ibadah dan kegiatan ke-Agamaan seperti Maghrib Mengaji, Subuh Berjamaah dan Ibadah Spiritual tiap harinya.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat terhadap keagamaan, selain itu partisipasi kerjasama dan kekompakan harus dijaga supaya bisa terwujud apa yang di inginkan selama ini," tutupnya. (gr)